Hubungan Motivasi Belajar dengan Kecemasan Mahasiswa saat Menghadapi Ujian Pelaksanaan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Periode III Program Studi Sarjana Terapan Gizi Klinik Politeknik Negeri Jember

The Relationship Between Learning Motivation and Student Anxiety in Facing the Objective Structured Clinical Examination (OSCE) of Period III in the Applied Bachelor Program of Clinical Nutrition at Politeknik Negeri Jember

  • Muhammad Abdul Rauf Politeknik Negeri Jember - Indonesia
  • Nilam Puspitasari Politeknik Negeri Jember - Indonesia
  • Nurina Aprilya Politeknik Negeri Jember - Indonesia
Keywords: Kecemasan, OSCE, Gizi Klinik, Motivasi Belajar

Abstract

Latar Belakang: Ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE) merupakan metode evaluasi penting di bidang kesehatan, termasuk di Program Studi Sarjana Terapan Gizi Klinik Politeknik Negeri Jember (Polije). Namun, ujian ini sering menjadi sumber kecemasan bagi mahasiswa yang mempengaruhi performa akademik. Tujuan: Menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian OSCE. Metode: Penelitian kuantitatif ini menggunakan cross-sectional dengan populasi 122 mahasiswa yang mempersiapkan ujian OSCE periode III tahun 2023. Data diperoleh melalui kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MLSQ) dan Depression Anxiety Stress Scale (DASS 42), kemudian dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil:  Menunjukkan mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (93,4%), dengan rentang usia 20–23 tahun. Analisis bivariat mengungkapkan hubungan signifikan antara motivasi belajar dan tingkat kecemasan (p-value < 0,05). Sebanyak 80,77% mahasiswa dengan motivasi belajar rendah mengalami kecemasan berat, sedangkan 71,43% mahasiswa dengan motivasi belajar tinggi hanya mengalami kecemasan ringan. Nilai Odds Ratio (OR) sebesar -0,231 menunjukkan hubungan negatif antara motivasi belajar dan kecemasan. Kesimpulan: Motivasi belajar yang tinggi berperan penting dalam mengurangi kecemasan mahasiswa.

Published
2024-12-20