Hubungan Tingkat Stres Remaja dengan Kemampuan Beradaptasi di Pondok Pesantren Kota Tangerang

  • Livia Fitriani Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Zulia Putri Perdani Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yanti Riyantini Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Tingkat Stres, Kemampuan Beradaptasi, Remaja.

Abstract

Pendahuluan: Kemampuan beradaptasi pada remaja merupakan suatu bentuk respon diri atau tingkah laku seseorang yang meliputi respon-respon mental yang dilakukan oleh remaja yang bersekolah di Pondok Pesantren. Remaja yang mengalami respon diri yang kurang baik maka akan mengalami stres pada dirinya sehingga dapat membuat kemampuan beradaptasi pada remaja bersifat adaptif ataupun maladaptif.

Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres remaja dengan kemampuan beradaptasi di Pondok Pesantren An-Nuqthah Kota Tangerang.
Metode: Metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sejumlah 89 responden. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stres Scale 42 (DASS 42) untuk tingkat stres dan kuesiner Individual Adaptability (I-ADAPT) untuk kemampuan beradaptasi. Analisis data bivariat menggunakan uji statistik chi-square.

Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa jumlah remaja yang mengalami stress berat sebesar 54 (60,7%) responden, dan kemampuan beradaptasi yang maladatif sebesar 49 responden (55,1%), dengan uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara tingkat stress remaja dengan kemampuan adaptasi dengan nilai p value = 0,00 (p < 0,05).

Published
2020-08-14