Pengaruh Terapi Ylang-Ylang terhadap Mood Swing Masa Prenatal dan Postnatal di Wilayah Kerja Puskesmas Kotakaler Sumedang Utara

  • Pearly Otis PO Program Studi Profesi Bidan Politeknik Kesehatan Bhakti Pertiwi Husada Kota Cirebon
  • Norma Mardiani Program Studi Profesi Bidan Politeknik Kesehatan Bhakti Pertiwi Husada Kota Cirebon
Keywords: Ylang-Ylang, Mood Swing, Prenatal, Postnatal

Abstract

Pendahuluan: Salah satu keluhan dalam masa postnatal adalah sulitnya menahan emosi dan sering marah dikarenakan timbulnya keluhan dan ketidaknyamanan ibu pasca salin, salah satunya adalah nyeri punggung atau lowback pain.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini mengetahui pengaruh Terapi Ylang-ylang Terhadap Mood Swing Pada Masa Prenatal dan Postnatal di wilayah kerja Puskesmas Kotakaler Sumedang Utara.
Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah eksperimen dengan dua grup berbeda. Teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 33 orang. Analisis data menggunakan dengan uji Mann Whitney.
Hasil: nilai signifikansi kelompok postnatal 0.000 lebih kecil dari 0.005. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga terapi Ylang-Ylang mempengaruhi moodswing pada ibu postpartum. Saran: Membantu responden melalui terapi nonfarmakologis sehingga meminimalisir efek sampingg yang mungkin muncul.

Published
2021-08-31