Pengaruh Sikap Bidan dalam Asuhan Kebidanan terhadap Kepuasan Pasien BPJS

  • Rica Arieb Shintami Politeknik Kesehatan Bhakti Pertiwi Husada, Kota Cirebon
  • Maria Ulfah Politeknik Kesehatan Bhakti Pertiwi Husada, Kota Cirebon
Keywords: Sikap Bidan, Kepuasan Pasien, BPJS

Abstract

Tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya sebagai bagian dari tujuan pembangunan nasional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode deskripsi analitik. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien BPJS pada periode Januari-Juni 2022 yang berjumlah 980 pasien. Pada penelitian ini jumlah sampel diambil sebanyak 98 orang (accidental sampling).Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap bidan dalam asuhan kebidanan di Wilayah kerja Puskesmas Sukra Indramayu tahun 2022 adalah 60,2% positif dan 39,8% negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien BPJS di Wilayah kerja Puskesmas Sukra Indramayu tahun 2022 adalah 64,3% tinggi dan 35,7% rendah. Dari hasil uji statistik chi square di dapatkan nilai p-value 0,004 pada derajat kesalahan α 0,05 yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara sikap bidan dalam asuhan kebidanan terhadap kepuasan pasien BPJS di Wilayah Kerja Puskesmas Sukra Kabupaten Indramayu tahun 2022 dengan p-value 0,004 pada derajat kesalahan α 0,05. Saran untuk Pasien BPJS hendaknya dapat memanfaatkan layanan asuhan kebidanan di Puskesmas secara maksimal sesuai kebutuhannya dan dapat memahami bahwa bidan juga manusia yang dalam melayani kadang bersikap kurang baik karena kelelahan atau karena dikejar standar prosedur pelayanan kesehatan yang sudah baku, sehingga jika sikap yang kurang memuaskan bisa lebih dimaklumi.

Published
2022-08-08